Minggu, 02 Oktober 2011

Padi - Padian


BAB I

1.     Padi Padian

Padi padian terdiri dari beberapa bagian, yaitu :
1.      Padi
2.      Jagung
3.      Sorgum
4.      Gandum
5.      Jawawut
6.      Haver

1.1.           Padi

             Padi adalah salah satu tanaman budidaya terpenting dalam peradaban. Meskipun terutama mengacu pada jenis tanaman budidaya, padi juga digunakan untuk mengacu pada beberapa jenis dari marga ( genus ) yang sama, yang biasa disebut sebagai padi liar.

Produksi padi dunia menempati urutan ketiga dari semua serealia, setelah jagung dan gandum. Namun demikian, padi merupakan sumber karbohidrat utama bagi mayoritas penduduk dunia.

                        
Ciri – ciri Umum :

Padi tengah diambil dari persemaian untuk ditanam di sawah. Padi termasuk dalam suku padi-padian atau Poaceae ( Sinonim : Graminae atau Glumiflorae ). Terna semusim, berakar serabut; batang sangat pendek, struktur serupa batang terbentuk dari rangkaian pelepah daun yang saling menopang; daun sempurna dengan pelepah regak, daun berbentuk lanset, warna hijau muda hingga hijau tua, berurat daun sejajar, tertutupi oleh rambut yang pendek dan jarang; bunga tersusun majemuk, tipe malai bercabang, satuan bunga disebut floret, yang terletak pada satu spikelet yang duduk pada panikula; buah tipe bulir atau kariopsis yang tidak dapat dibedakan mana buah dan bijinya, bentuk hamper bulat hingga lonjong, ukuran 3 mm hingga 15 mm, tertutup oleh palea dan lemma yang dalam bahasa sehari-hari disebut sekam, struktur dominan adalah endospremium yang dimakan orang.

Keanekaragaman budidaya

·         Padi gogo

Di beberapa daerah tadah hujan orang mengembangkan padi gogo, suatu tipe padi lahan kering yang relatif toleran tanpa penggenangan seperti di sawah. Di Lombok dikembangkan sistem padi gogo rancah, yang memberikan penggenangan dalam selang waktu tertentu sehingga hasil padi meningkat.

·         Padi rawa

Padi rawa atau padi pasang surut tumbuh liar atau dibudidayakan didaerah rawa-rawa. Selain di Kalimantan, padi tipe ini ditemukan di lembah Sungai Gangga. Padi rawa mampu membentuk batang yang panjang sehingga dapat mengikuti perubahan kedalam air yang ekstrem musiman.

Keaneka ragaman tipe beras/nasi

Artikel utama untuk bagian ini adalah : Beras

·         Padi pera

Padi pera adalah padi dengan kadar amilosa pada pati lebih dari 20% pada berasnya. Butiran nasinya jika ditanak tidak saling melekat. Lawan dari padi pera adalah padi pulen. Sebagian besar orang Indonesia menyukai nasi jenis ini dan berbagai jenis beras yang dijual di pasar Indonesia tergolong padi pulen. Penggolongan ini terutama dilihat dari konsistensi nasinya.

·         Ketan

Ketan ( Sticky rice ), baik yang putih maupun merah/hitam, sudah dikenal sejak dulu. Padi ketan memiliki kadar amilosa di bawah 1 % pada pati berasnya. Patinya didominasi oleh amilopektin, sehingga jika ditanak sangat lekat.

·         Padi wangi

Padi wangi atau harum ( aromatic rice ) dikembangkan orang di beberapa tempat di Asia, yang terkenal adalah ras ‘Cianjur Pandanwangi’ ( sekarang telah menjadi kultivar unggul ) dan ‘rajalele’. Kedua kultivar ini adalah varietas javanica yang berumur panjang.

Diluar negeri orang mengenal padi biji panjang ( long grain ), padi biji pendek ( short grain ), risotto, padi susu umumnya menggunakan metode silsilah. Salah satu tahap penting dalam pemuliaan padi adalah dirilisnya kultivar ‘IR5’ dan ‘IR8’, yang merupakan padi pertama yang berumur pendek namun berpotensi hasil tinggi. Ini adalah awal revolusi hijau dalam budidaya padi. Berbagai kultivar padi berikutnya umumnya memiliki ‘darah’ kedua kultivar perintis padi.

Aspek budidaya

Artikel utama untuk bagian ini adalah : Bercocok tanam padi

Teknik budidaya padi telah dikenal oleh manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Sejumlah sistem budidaya diterapkan untuk padi.
·         Budidaya padi sawah ( Ing. Paddy atau paddy field ), diduga dimulai dari daerah lembah Sungai Yangtse. Di Tiongkok.
·         Budidaya padi lahan rawa, dilakukan di beberapa tempat di Pulau Kalimantan
·         Budidaya gogo rancah atau disingkat gora, yang merupakan modifikasi dari budidaya lahan kering. Sistem ini sukses diterapkan di Pulau Lombok, yang hanya memiliki musim hujan singkat.

Setiap sistem budidaya memerlukan kultivar yang adaptif untuk masing-masing sistem. Kelompok kultivar padi yang cocok untuk lahan kering dikenal dengan nama padi gogo.

Secara ringkas, bercocok tanam padi mencakup persemaian, pemindahan atau penanaman, pemeliharaan ( termasuk pengairan, penyiangan, perlindungan tanaman, serta pemupukan ), dan panen. Aspek lain yang penting namun bukan termasuk dalam rangkaian bercocok tanam padi adalah pemilihan kultivar, pemrosesan biji dan penyimpanan biji.

Hama dan penyakit

Hama-hama penting

·         Lalat bibit ( Arterigona exigua )
·         Lembing hijau ( Nezara virdula )
·         Penggerek batang padi kuning ( S. incertulas )
·         Wereng hijau ( Nephotettix impicticeps )
·         Penggerek batang padi putih ( “ sundep “, Scirpophaga innotata )
·         Ulat tentara/Ulat grayak ( Spodoptera litura dan S. exigua )
·         Ganjur ( Pachydiplosis oryzae )
·         Wereng coklat ( Nilaparvata lugens )
·         Walang sangit ( Leptocorisa oratorius )
·         Wereng batang punggung putih ( Sogatella furcifera )

Penyakit-penyakit penting

·         Blas ( Pyricularia oryzae, P. grisea )
·         Hawar daun bakteri ( “ kresek “, Xanthomonas oryzae pv. Oryzae )

Pengolahan gabah menjadi nasi
Setelah padi dipanen, bulir padi atau gabah dipisahkan dari jerami padi. Pemisahan dilakukan dengan memukulkan seikat padi sehingga gabah terlepas atau dengan bantuan mesin pemisah gabah.

Gabah yang terlepas lalu dikumpulkan dan dijemur. Pada zaman dulu, gabah tidak dipisahkan lebih dulu dari jerami, dan dijemur bersama dengan merangnya. Pejemuran biasanya memakan waktu tiga sampai tujuh hari, tergantung kecerahan penyinaran matahari. Penggunaan mesin pengering jarang dilakukan. Istilah “ Gabah Kering Giling “ ( GKG ) mengacu pada gabah yang telah dikeringkan dan siap untuk digiling. ( Lihat pranala luar ).
Gabah merupakan bentuk penjualan produk padi untuk keperluan ekspor atau perdagangan partai besar. Gabah yang telah kering disimpan atau langsung ditumbuk/digiling, sehingga beras terpisah dari sekam ( kulit gabah ). Beras merupakan bentuk olahan yang dijual pada tingkat konsumen. Hasil sampingan yang diperoleh dari pemisahan ini adalah :

·         Sekam ( atau merang ), yang dapat digunakan sebagai bahan bakar
·         Bekatul, yakni serbuk kulit ari beras; digunakan sebagai bahan makanan ternak, dan
·         Dedak, campuran bekatul kasar dengan serpihan sekam yang kecil-kecil; untuk makanan ternak.

Beras dapat dikukus atau ditim agar menjadi nasi yang siap dimakan. Beras atau ketan yang ditim dengan air berlebih akan menjadi bubur. Pengukusan beras dapat juga dilakukan dengan pembungkus, misalnya dengan anyaman daun kelapa muda menjadi ketupat, dengan
Daun pisang menjadi lontong, atau dengan bumbung bambu yang disebut lemang ( biasanya dengan santan ). Beras juga dapat diolah menjadi minuman penyegar ( beras kencur ) atau obat balur untuk mengurangi rasa pegal ( param ).
Hasil olah dari padi adalah
Ø  Beras
1.      Beras putih   
2.      Beras merah
3.      Beras ketan
·         Ketan hitam
·         Ketan putih

Hasil olahan padi lainnya yaitu tepung, seperti :
Ø  Tepung beras
1.      Tepung beras                                         
·         Merek rose brand
·         Merek cap gajah
·         Merek bogasari
·         Merek sari tani
·         Merek nila sari



2.      Tepung ketan
·         Merek merbabu
·         Merek bogasari
3.      Tepung beras merah
·         Merek bemo
·         Merek gasol


Hasil olahan padi, yang berupa makanan yaitu :

v Kue Cucur ( tepung beras )

Bahan :
-          Tepung beras 250 gram
-          Tepung terigu 250 gram
-          Gula merah 400 gram
-          Air 500 ml
-          Garam secukupnya
-          Minyak goring 800 ml, untuk menggoreng

Cara membuat :
1.      Rebus air dan gula hingga mendidih, angkat, saring.
2.      Campur tepung beras, tepung terigu dan garam, aduk hingga rata, tuangi sirup gula sedikit demi sedikit sambil diuleni selama 15 menit.
3.      Tuang sisa sirup gula, aduk dengan sendok cekung, aduk selama 15 menit.
4.      Diamkan adonan selama 1 jam
5.      Goreng adonan cucur dengan minyak sedikit dan panas hingga matang, angkat
6.      Sajikan.
Untuk 17 buah
v Kue onde – onde ( tepung ketan )


Bahan kue Onde Onde :
·         300 gram tepung ketan
·         100 gram kentang kukus lalu haluskan
·         100 gram gula halus
·         175 gram santan dipanaskan
·         ½  sendok teh garam
Bahan Isi Onde Onde :
·         125 gram kacang hijau kupas
·         1000 ml air
·         3 lembar daun pandan
·         100 gram gula pasir
·         100 ml santan
·         100 gram wijen
Cara Membuat Kue Onde Onde :
1.      Buat isi : didihkan kacang hijau dan daun pandan sampai air mengental. Tambahkan gula pasir, aduk, setelah kering masukkan santan dan masak hingga adonan bening dan kalis, setelah dingin bulatkan sebesar kelereng.
2.      Seduh tepung ketan dengan santan panas sambil diuleni. Masukkan kentang, gula dan garam, uleni sampai tercampur rata.
3.      Ambil 25 gram adonan, tipiskan lalu masukkan isi lalu bulatkan. Masukkan kedalam air sebentar kemudian gulingkan di wijen.
4.      Goreng dengan api kecil hingga matang.
Untuk 25 buah
v Bluder Cake Nangka Beras beras merah
Bahan  biang :
-          ½  sendok makan ragi instan
-          ½  sdt gula pasir
-          50 ml air hangat
Bahan :
-          200 gram margarine
-          150 gram gula pasir halus
-          ¼ sdt esens vanili
-          4 butir telur
-          200 gram tepung terigu protein sedang
-          150 gram beras merah
-          1 sdt baking powder
-          50 gram nangka matang
-          100 gram santan kental instan
-          50 ml air
-          50 gram nangka matang, dipotong kotak
Cara membuat :
1.      Blender nangka, santan kental instan dan air sampai lembut. Sisihkan
2.      Biang : larutkan ragi instan, gula pasir dan air hangat. Diamkan 10 menit sampai berbusa.
3.      Kocok margarine, gula pasir halus, dan essens vanilli sampai lembut.
4.      Masukkan telur satu persatu bergantian dengan sebagian tepung terigu sambil diayak dan dikocok perlahan.
5.      Tambahkan sisa tepung terigu, tepung beras merah dan baking powder sambil diayak dan dikocok perlahan bergantian dengan biang dan campuran santan. Masukkan nangka. Aduk rata.
6.      Oven 40 menit dengan suhu 180 oC sampai matang.
Untuk 16 potong.

1.2                       Jagung
Jagung ( Zea Mays L. ) merupakan salah satu tanaman pangan dunia yang terpenting, selain gandum dan padi. Sebagai sumber karbohidrat utama di Amerika Tengah dan Selatan, jagung juga menjadi alternatif sumber pangan di Amerika Serikat. Penduduk beberapa daerah di Indonesia ( misalnya di Madura dan Nusa Tenggara ) juga menggunakan jagung sebagai pangan pokok. Selain sebagai sumber karbohidrat, jagung juga ditanam sebagai pakan ternak ( hijauan maupun tongkolnya ), daimbil minyaknya ( dari bulir ), dibuat tepung ( dari bulir, dikenal dengan istilah tepung jagung atau maizena ), dan bahan baku industri ( dari tepung bulir dan tepung tongkolnya ). Tongkol jagung kaya akan pentose, yang dipakai sebagai bahan baku pembuatan furtural. Jagung yang telah direkayasa genetika juga sekarang ditanam sebagai penghasil bahan farmasi.



·         Klasifikasi

Tongkol jagung dengan bulir beraneka warna.
Berdasarkan temuan – temuan genetik, antropologi, dan arkeologi diketahui bahwa daerah asal jagung adalah Amerika Tengah ( Meksiko bagian Selatan ). Budidaya jagung telah dilakukan didaerah ini 10.000 tahun yang lalu, lalu teknologi ini dibawa ke Amerika Selatan ( Ekuador ) sekitar 7000 tahun yang lalu, dan mencapai daerah pegunungan diselatan Peru pada 4.000 tahun yang lalu. Kajian filogenetik menunjukkan bahwa jagung budidaya ( Zea mays ssp. Mays ) merupakan keturunan langsung dari teosinte ( Zea mays ssp. Mexicanna. Istilah teosinte ( Zea mays sp. Parviglumis ). Dalam proses domestikasinya, yang berlangsung paling tidak 7.000 tahun oleh penduduk asli setempat, masuk gen – gen dari subspecies lain, terutama Zea mays ssp. Mexicanna. Istilah teosinte sebenarnya digunakan untuk menggambarkan semua spesies dalam genus Zea, kecuali Zea mays ssp. Mays. Proses domestikasi menjadikan jagung merupakan satu – satunya spesies tumbuhan yang tidak dapat hidup secara liar di alam. Hingga kini dikenal 50.000 kultivar jagung, baik yang terbentuk secara alami maupun dirakit melalui pemuliaan tanaman.
·        Deskripsi

Jagung hibrida di ladang.

Jagung merupakan tanaman semusim ( annual ). Satu siklus hidupnya diselesaikan dalam 80 – 150 hari. Paruh pertama dari siklus merupakan tahap pertumbuhan vegetative dan paruh kedua untuk tahap pertumbuhan geberatif.

Tinggi tanaman jagung sangat bervariasi. Meskipun tanaman jagung umumnya berketinggian antara 1m sampai 3m, ada varietas yang dapat mencapai tinggi 6m. tinggi tanaman biasa diukur dari permukaan tanah hingga ruas teratas sebelum bunga jantan. Meskipun beberapa varietas dapat menghasilkan anakan ( seperti padi ), pada umumnya jagung tidak memiliki kemampuan ini.

Bunga betina jagung berupa “ tongkol “ yang terbungkus oleh semacam pelepah dengan “ rambut “. Rambut jagung sebenarnya adalah tangkai putik. Akar jagung tergolong akar serabut yang dapat mencapai kedalaman 8m meskipun sebagian besar berada pada kisaran 2m. pada tanaman yang sudah cukup dewasa muncul akar adventif dari buku – buku batang bagian bawah yang membantu menyangga tegaknya tanaman.

Batang jagung tegak dan mudah terlihat, sebagaimana sorgum dan tebu, namun tidak seperti padi atau gandum. Terdapat mutan yang batangnya tidak tumbuh pesat sehingga tanaman berbentuk roset. Batang beruas – ruas. Ruas terbungkus pelepah daun yang muncul dari buku. Batang jagung cukup kokoh namun tidak banyak mengandung lignin.

Daun jagung adalah daun sempurna. Bentuknya memanjang. Antara pelepah dan helai daun terdapat ligula. Tulang daun sejajar dengan ibu tulang daun. Permukaan daun ada yang licin dan ada yang berambut. Stoma pada daun jagung berbentuk halter, yang khas dimiliki familia Poaceae. Setiap stoma dikelilingi sel – sel epidermis berbentuk kipas. Struktur ini berperan penting dalam respon tanaman menanggapi deficit air pada sel – sel daun.

Jagung memiliki bunga jantan dan bunga betina yang terpisah ( diklin ) dalam satu tanaman ( monoecious ). Tiap kuntum bunga memiliki struktur khas bunga dari suku Poaceae, yang disebut floret. Pada jagung, dua floret dibatasi oleh sepasang glumae ( tunggal : gluma ). Bunga jantan tumbuh dibagian puncak tanaman, berupa karangan bunga ( inflorescence ). Serbuk sari berwarna kuning dan beraroma khas. Bunga betina tersusun dalam tongkol. Tongkol tumbuh dari buku, diantara batang dan pelepah daun. Pada umumnya, satu tanaman hanya dapat menghasilkan satu tongkol produktif meskipun memiliki sejumlah bunga betina. Beberapa varietas unggul dapat menghasilkan lebih dari satu tongkol produktif, dan disebut sebagai varietas prolifik. Bunga jantan jagung cenderung siap untuk penyerbukan 2 – 5 hari lebih dini daripada bunga betinanya ( protandri ).

·        Keanekaragaman

Jagung dikelompokkan berdasarkan tipe bulir. Kiri atas adalah jagung gigi-kuda, dikiri latar depan adalah popcorn, sisanya adalah jagung tipe mutiara.
Jagung yang dibudidayakan memiliki sifat bulir/biji yang bermacam – macam. Didunia terdapat enam kelompok kultivar jagung yang dikenal hingga sekarang, berdasarkan karakteristik endosperma yang membentuk bulirnya :

1.      Indentata ( Dent, “ gigi-kuda “ )
2.      Indurate ( Flint, “ Mutiara “ )
3.      Saccharata ( Sweet, “ Manis “ )
4.      Everta ( Popcorn, “ berondong “ )
5.      Amylacea ( Flour corn, “ tepung “ )
6.      Glutinosa ( Sticky corn, “ Ketan “ )
7.      Tunicate ( Popcorn, merupakan kultivar yang paling primitive dan anggota subspecies yang berbeda dari jagung budidaya lainnya )

Dipandang dari bagaimana suatu kultivar ( “ varietas “ ) jagung dibuat dikenal berbagai tipe kultivar :

1.      Gakur murni, merupakan hasil seleksi terbaik dari galur-galur terpilih
2.      Komposit, dibuat dari campuran beberapa populasi jagung unggul yang diseleksi untuk keseragaman dan sifat-sifat unggul.
3.      Sintetik, dibuat dari gabungan beberapa galur jagung yang memiliki keunggulan umum ( daya gabung umum ) dan seragam
4.      Hibrida, merupakan keturunan langsung ( F1 ) dari persilangan dua, tiga, atau empat galur yang diketahui menghasilkan efek heterosis.

Warna bulir jagung ditentukan oleh warna endosperma dan lapisan terluarnya ( aleuron ), mulai dari putih, kuning, jingga, merah cerah, merah darah, ungu kehitaman. Satu tongkol jagung dapat memiliki bermacam-macam bulir dengan warna berbeda-beda, karena setiap bulir terbentuk dari penyerbukan oleh serbuk sari yang berbeda-beda.

·        Kandungan Gizi

Biji jagung kaya akan karbohidrat. Sebagian besar berada pada endospermium. Kandungan karbohidrat dapat mencapai 80% dari seluruh bahan kering biji. Karbohidrat dalam bentuk pati umumnya berupa campuran amilosa dan amilopekin. Pada jagung ketan, sebagian besar atau seluruh patinya merupakan amilopektin. Perbedaan ini tidak banyak berpengaruh pada kandungan gizi, tetapi lebih berarti dalam pengolahan sebagai bahan pangan. Jagung manis diketahui mengandung amilopektin lebih rendah tetapi mengalami peningkatan fitoglikogen dan sukrosa.

Kandungan gizi Jagung per 100 gram bahan adalah :

·         Kalori : 355 Kalori
·         Protein : 9,2 gr
·         Lemak : 3,9 gr
·         Karbohidrat : 73,7 gr
·         Kalsium : 10 mg
·         Fosfor : 256 mg
·         Ferrum : 2,4 mg
·         Vitamin A : 510 SI
·         Vitamin B1 : 0,38 mg
·         Air : 12 gr

Dan bagian yang dapat dimakan 90%.

Untuk ukuran yang sama, meski jagung mempunyai kandungan karbohidrat yang lebih rendah, namun mempunyai kandungan protein yang lebih banyak.

Jagung merupakan tanaman semusim ( annual ). Satu siklus hidupnya diselesaikan dalam 80-150 hari.

·        Pemanfaatan

Selain sebagai bahan pangan dan bahan baku pakan, saat ini jagung juga dijadikan sebagai sumber energi alternatif. Lebih dari itu, sari pati jagung dapat diubah menjadi polimer sebagai bahan campuran pengganti fungsi utama plastik. Salah satu perusahaan di Jepang telah mencampur polimer jagung dan plastik menjadi bahan baku casing computer yang siap dipasarkan.
Hasil olah dari Jagung :

·         Tepung Jagung ( merek maizena )
·         Bihun jagung ( merek tanam jagung, bi jag )
·         Minyak jagung “ minyak non kolesterol “ ( Mazola )

v Cake kukus jagung


1.3                                                            SORGUM

       Sorgum ( Sorghum spp. ) adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak dan bahan baku industri. Sebagai bahan pangan ke-5, sorgum berada pada urutan ke-5 setelah gandum, jagung, padi dan jelai. Sorgum merupakan makanan pokok penting di Asia Selatan dan Afrika sub-sahara.
TENTANG TANAMAN SORGHUM
      Sorgum ( sorghum bicolor L. ) adalah tanaman serealia yang potensial untuk dibudidayakan dan dikembangkan, khususnya pada daerah-daerah marginal dan kering di Indonesia. Keunggulan sorgum terletak pada daya adaptasi agroekologi yang luas, tahan terhadap kekeringan, produksi tinggi, perlu input lebih sedikit serta lebih tahan terhadap hama dan penyakit dibanding tanaman pangan lain.
      Selain itu, tanaman sorgum memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, sehingga sangat baik digunakan sebagai sumber bahan pangan maupun pakan ternak alternatif. Tanaman sorgum telah lama dan banyak dikenal oleh petani Indonesia khususnya di daerah Jawa, NTB dan NTT. Di Jawa sorgum dikenal dengan nama Cantel, dan biasanya petani menanamnya secara tumpang sari dengan pangan lainnya. Produksi sorgum Indonesia masih sangat rendah, bahkan secara umum produk sorgum belum tersedia dipasar – pasar.
      KEGUNAAN TANAMAN SORGHUM
Dibanyak Negara biji sorgum digunakan sebagai bahan pangan, pakan ternak dan bahan baku industri. Sebagai bahan pangan dunia, sorgum berada pada urutan ke-5 setelah gandum, padi, jagung dan barley ( ICRISAT/FAO, 1996 ). Di Negara maju biji sorgum digunakan sebagai pakan ternak unggas sedang batang dan daunnya untuk ternak ruminansia. Biji sorgum juga merupakan bahan baku industri seperti industri etanol, bir, wine, sirup, lem, cat dan modifikasi pati ( modified starch ). Terkait dengan energi, dibeberapa Negara seperti Amerika, India dan Cina, sorgum telah digunakan sebagai bahan baku pembuatan bahan bakar etanol ( bioetanol ). Secara tradisional, bioetanol telah lebih lama diproduksi dari molasses hasil limbah pengolahan gula tebu ( sugarcane ). Walaupun  harga molasses tebu relatif lebih murah, namun bioetanol sorgum dapat berkompetisi mengingat beberapa kelebihan tanaman sorgum dibanding tebu antara lain sebagai berikut :
·         Tanaman sorgum memilki produksi biji dan biomass yang jauh lebih tinggi dibanding tanaman tebu.
·         Adaptasi tanaman sorgum jauh lebih luas dibanding tebu sehingga sorgum dapat ditanam dihampir semua jenis lahan, baik lahan subur maupun lahan marjinal.
·         Tanaman sorgum memiliki sifat lebih tahan terhadap kekeringan, salinitas tinggi dan genangan air ( water lodging ).
·         Sorgum memerlukan pupuk relatif lebih sedikit dan pemeliharaannya lebih muda daripada tanaman tebu.
·         Laju pertumbuhan tanaman sorgum jauh lebih cepat daripada tebu yang memerlukan 4500 – 6000 stek batang.
·         Umur panen sorgum lebih cepat yaitu hanya 3,5 bulan, dibanding tebu yang dipanen pada umur 7 bulan.
·         Sorgum dapat diratun sehingga untuk sekali tanam dapat dipanen beberapa kali.
Nutrisi Sorgum
Sebagai bahan pangan dan pakan ternak alternatif sorgum memiliki kandungan nutrisi yang baik, bahkan kandungan proteinnya lebih tinggi daripada beras.
1.4                              GANDUM
                            Gandum adalah sekelompok tanaman serealia dari suku padi – padian yang kaya akan karbohidrat. Gandum biasanya digunakan untuk memproduksi tepung terigu, pakan ternak, ataupun difermentasi untuk menghasilkan alkohol.
                            Gandum merupakan makanan pokok manusia, pakan ternak dan bahan industri yang mempergunakan karbohidrat sebagai bahan baku. Gandum dapat diklasifikasikan berdasarkan tekstur biji gandum (kernel), warna kulit biji (bran), dan musim tanam. Berdasarkan tekstur kernel, gandum diklasifikasikan menjadi hard, soft, dan durum. Sementara itu berdasarkan warna bran, gandum diklasifikasikan menjadi red ( merah ) dan white ( putih ). Untuk musim tanam, gandum dibagi menjadi winter ( musim dingin ) dan spring ( musim semi ). Namun, secara umum gandum diklasifikasikan menjadi hard wheat, soft wheat dan durum wheat.
Gambar Gandum.





Gambar Tepung Terigu




b. Tepung terigu

Tepung terigu adalah tepung bubuk halus yang berasal dari bulir gandum, dan digunakan sebagai bahan dasar pembuat kue, mie dan roti. Kata terigu dalam bahasa Indonesia diserap dari bahasa Portugis, trigo, yang berarti “ Gandum “. Tepung terigu mengandung banyak zat pati, yaitu karbohidrat kompleks yang tidak larut dalam air. Tepung terigu juga mengandung protein dalam bentuk gluten, yang berperan dalam menentukan kekenyalan makanan yang terbuat dari bahan terigu.

Hasil Olahan Gandum Ialah :

·         Tepung roti
·         Tepung gries
·         Bulgur
·         Sereal
·         Mie kering
·         Macaroni

Merek bahan hasil olahan gandum :

·         Tepung segitiga biru
·         Tepung cakra
·         Rose brand
·         Cocorant
·         Biscuit gandum

Gambar hasil olahan tepung
DORAYAKI ISI COKLAT






Bahan :
-          10 butir telur
-          250 gr gula pasir
-          500 gr terigu protein sedang
-          4 sdt baking powder
-          400 ml susu kental manis
-          250 ml susu cair
-          2 sdt vanili
Bahan Isi :
-          150 gr coklat masak pekat
-          100 ml whipped cream
Cara membuat :
-          Isi, tim whipped cream hingga hangat, masukkan coklat masak pekat, aduk rata. Angkat, diamkan hingga mengental.
-          Campur terigu, baking powder dan vanili, ayak hingga rata
-          Campur telur dan gula pasir, kocok hingga mengembang,
-          Tambahkan campuran terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata.
-          Masukkan susu kental manis dan susu cair, aduk rata. Diamkan adonan selama 5 menit.
-          Panaskan cetakan dorayaki, oles dengan margarin.
-          Tuang adonan dorayaki secukupnya, masak hingga matang dan kecoklatan. Angkat dan biarkan uap panasnya hilang.
-          Oles bagian atas dorayaki dengan bahan isi, satukan, sajikan.
Hasil Olahan Gandum :







1.5                       Jawawut

Bersifat panas, kering, berat bagi lambung, lambat dicerna dan meningkatkan unsur penyebab flek hitam pada kulit, utamanya pada kulit wajah. Ia tidak layak dikonsumsi oleh manusia pada umumnya, kecuali oleh para pekerja keras yang amat membutuhkan stamina. Jawawut dapat dimakan dengan campuran susu perahan, gula dan anak ayam yang masih muda, minyak samin, sehingga menjadi sedikit seimbang. Jika dibuat roti dan dimakan secara kering dapat mengakibatkan sembelit atau susah buang air besar.







1.6 HAVER
          Haver atau yang lebih dikenal dengan nama OAT atau dalam bahasa latin A VENA SATIVA L. haver merupakan bentuk domestikasi dari jenis setengah liar Avena fatua yang telah dibudidayakan pada zaman perundagian awal ( zaman besi ) dan merupakan sumber pangan pokok masa itu di Asia Barat dan Eropa. Tumbuhan haver sangat bermanfaat dikonsumsi di daerah tropis dan subtropics. Mungkin sebagian orang berpendapat bahwa tumbuhan haver tidak penting atau ada yang berpendapat bahwa tumbuhan haver tidak berguna. Mungkin karena tidak pernah didengar atau dilihat.
          Haver merupakan salah satu jenis tumbuhan yang sangat berguna. Tumbuhan haver banyak dimanfaatkan baik menjadi bahan makanan, makan ternak, bahan obat – obatan dan untuk menambah stamina khusus bagi pria.
Gambar haver





Gambar hasil olahan haver











MANFAAT HAVER
1.      MAKANAN TERNAK
              Tumbuhan haver banyak dimanfaatkan untuk bahan makanan ternak dan hal ini sudah lama dilakukan oleh orang – orang eropa. Negara yang pertama kali memperkenalkan tumbuhan ini menjadi bahan makanan ternak adalah Negara BELANDA, tumbuhan haver banyak digunakan untuk pakan ternak kuda tujuannya hewan agar kuda lebih kuat ketika digunakan berperang.
            Selain itu juga tumbuhan banyak digunakan untuk pakan burung. diIndonesia tumbuhan haver yaitu burung kutilang. Hal ini dilakukan karena burung kutilang lebih cepat jinak.
2.      KESEHATAN DAN KECANTIKAN
Berbagai penelitian membuktikan, mengurangi kadar kolesterol jahat ( low Densy Lipoprotein / LDL ) dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner. Dan salah satu cara untuk mengurangi kolesterol dalam darah adalah dengan mengonsumsi makanan berserat.
Selain itu havermut sangat berguna bagi kulit kita karena havermut dapat menyegarkan dan memperhalus kulit kita sehingga kulit kita dapat terlihat lebih halus dan indah.

Ada empat alasan mengapa kulit sangat membutuhkan havermut
1.      Melawan kekeringan. Havermut mengandung polisakarida, yang akan berubah menjadi seperti agar – agar bila berada di dalam air dan meninggalkan lapisan pelindung halus pada kulit, mencegah kulit kusam, kulit bersisik.
2.      Sebagai Pelembab. Havermut sarat akan lemak yang sehat yang bisa melembabkan kulit.
3.      Benteng pertahanan. Protein dalam havermut membantu menjaga fungsi pelindung alami kulit, yang menjamin bahwa apa – apa yang berada diluar kulit seperti pengaruh buruk akan tetap berada diluar, dan apa yang ada didalam kulit tetap aman berada didalam.

           Pembersih pori. Havermut diberkahi dengan pembersih alami ( disebut saponi ) yang dengan lembut menghilangkan kotoran dan minyak dari pori – pori serat dalam makanan dikatakan melindungi jantung karena mampu mengikat lemak salah satu jenis serat yang bagus dikonsumsi ada dalam oat yang mengandung serat betaglukan. Didalam lambung serat berubah menjadi jeli dan mampu mengikat lemak, selanjutnya serat tersebut juga akan mengikat hasil buangan dari empedu dan membuangnya melalui feses.

          Untuk mendapat hasil yang maksimal setiap hari seseorang harus mengonsumsi sebanyak 70 gram. Haver jumlahnya harus tepat, karena jika berlebih, hasilnya tidak akan maksimal. Haver dikenal pula dengan nama oat juga sangat berfungsi mencgah penyakit kolesterol tinggi, diabetes dan darah tinggi tumbuhan haver dianggap penting karena memiliki fungsi sebagai serat.

3.MENAMBAH STAMINA KHUSUS BAGI PRIA

         Banyak faktor penting untuk memiliki tubuh sehat khususnya bagi pria, salah satunya adalah makanan. Untuk membentuk tubuh sehat seperti yang anda inginkan ( tubuh langsing dan otot kekar, otak cerdas, dan libido yang terus menyala ), anda harus memperhitungkan setiap makanan yang anda makan setiap hari. Makanan harus sehat dan memenuhi nutrisi dan gizi yang tubuh anda butuhkan.

Salah satunya adalah makanan haver. Haver memiliki zat besi yang sangat dibutuhkan oleh para pria demi kelancaran beraktifitas. Selain itu juga haver sangat bermanfaat bagi umat islam yang sedang melakukan ibadah puasa karena haver mampu menjaga stamina dan tidak membuat cepat lelah.

4.BAHAN MAKANAN

Haver sangat bermanfaat sebagai bahan makanan. Haver diolah menjadi bahan makanan, di Indonesia dikenal dengan nama havermut. Havermut pertama kali di perkenalkan oleh bangsa Belanda yang datang menjajah di Indonesia. Havermut banyak terdapat di Supermarket – Supermarket, havermut banyak dikonsumsi oleh orang Indonesia. Havermut banyak dikonsumsi orang lanjut usia, anak – anak dan digunakan sebagai puding. Dan biasanya dikonsumsi waktu pagi hari, selain itu havermut juga di olah menjadi kue dan rasanya sangat lezat.





































BAB II

UMBI – UMBIAN

2.1  SINGKONG

          Singkong, yang juga dikenal sebagai ketela pohon atau ubi kayu, adalah pohon tahunan tropika dan subtropika dari keluarga Euphorbiaceae. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran. Umbi singkong merupakan sumber energy yang kaya karbohidrat namun sangat miskin protein. Sumber protein yang bagus justru terdapat pada daun singkong karena mengandung asam amino metionin. Racun didalam singkong ialah asam sianida.
      Singkong ada 2 jenis yaitu :
A.     Singkong Kuning
B.     Singkong Putih
Hasil olahan dari singkong ialah :
Tepung kanji / tapioka

Tapioka, tepung singkong, tepung kanji, atau aci adalah tepung yang diperoleh dari umbi akar ketela pohon. Tapioka memiliki sifat – sifat fisik yang serupa dengan tepung sagu, sehingga penggunaan keduanya dapat dipertukarkan. Tepung ini sering digunakan untuk membuat makanan dan bahan perekat. Banyak makanan tradisional yang menggunakan tapioka sebagai bahan bakunya, seperti

·         Bakso
·         Batagor dan Siomay
·         Comro dan Misro
·         Cireng
·         Pempek

-          Hasil olahan singkong







-          Hasil olahan tepung kanji









2.2  UBI JALAR

          Ubi jalar atau ketela rambat ( I pomoea batatas L. ) adalah sejenis tanaman budidaya. Bagian yang dimanfaatkan adalah akarnya yang membentuk umbi dengan kadar gizi ( karbohidrat ) yang tinggi. Di Afrika, umbi ubi jalar menjadi salah satu sumber makanan poko yang penting. Di Asia, selain dimanfaatkan umbinya, daun muda ubi jalar juga dibuat sayuran. Terdapat pula ubi jalar yang dijadikan tanaman hias karena keindahan daunnya. Ubi jalar ( I pomea batatas ) termasuk dalam family Cavalvuloceae. Varietas ubi jalar yang memiliki daging ubi keras ( padat ), kering dan berwarna putih; dan jenis ubi jalar dengan daging umbi lunak, kadar air tinggi dan warnanya kuning – oranye. Karbohidrat merupakan kandungan utama dari ubi jalar. Selain itu, ubi jalar juga mengandung vitamin, mineral, fitokimia ( antioksidan ) dan serat ( pectin, selulosa, hemiselulosa ). Kadar pati didalam ubi jalar segar sekitar 20%. Pati ubi jalar berbentuk bulat sampai oval, dengan diameter 3 – 40 dengan kandungan amilosa sekitar 15 – 25 %

                                    



-          Hasil olahan ubi jalar

                                                Keripik



2.3  KENTANG
                     Kentang ( Solanum tuberosum L. ) adalah tanaman dari suku Solanaceae yang memiliki umbi batang yang dapat dimakan dan disebut “ Kentang “ pula. Umbi kentang sekarang telah menjadi salah satu makanan pokok penting di Eropa walaupun pada awalnya didatangkan dari Amerika Selatan. Penjajah Spanyol dan Portugis pertama kali membawa ke – Eropa dan mengembang biakkan tanaman ini pada abad XVI.








Tanaman kentang asalnya dari Amerika Selatan dan telah dibudidayakan oleh penduduk disana sejak ribuan tahun silam. Tanaman ini merupakan herba ( tanaman pendek tidak berkayu ) semusim dan menyukai iklim yang sejuk. Didaerah tropis cocok ditanam didataran tinggi. Bunga sempurna dan tersusun majemuk. Ukuran cukup besar, dengan diameter sekitar 3cm. warnanya berkisar dari ungu hingga putih.

Hasil olahan dari kentang :

Kering kentang petai                                    perkedel kentang                  Keripik kentang




2.4  TALAS

Talas atau talas bogor ( Colocasia giganteum Hook, suku talas – talasan atau Araceae ) merupakan tumbuhan penghasil umbi, popular ditanam terutama di wilayah Indonesia bagian barat. Talas mirip dengan taro namun menghasilkan umbi yang lebih besar. Daun talas berbentuk perisai yang besar. Daun ini dapat digunakan sebagai pelindung kepala bila hujan. Permukaan daunnya ditumbuhi rambut – rambut halus yang menjadikannya kedap air karena air akan mengalir langsung meninggalkan permukaan daun. Daunnya juga sebagai pakan ikan gurame. Umbi talas dapat diolah dengan dikukus, direbus atau di goreng setelah dipotong – potong kecil. Daun talas dapat dipakai sebagai pembungkus. Daun talas juga dapat dimakan
dan dijadikan pembungkus makanan yang dikenal sebagai buntil.



Hasil olah Talas

                                            Keripik                           Nasi Rebon Talas





2.5  SAGU





                            Gambar biji sagu yang telah di proses

                Pokok sagu tergolong dalam tanaman dari famili Palmae yang mengeluarkan sulur. Pokok sagu banyak terdapat di Malaysia dan Kawasan hutan hujan ASEAN.
               Pokok sagu juga dikenali sebagai pokok Rumbia. Pokok sagu mempunyai isi yang lembut dan mengandungi kandungan kanji yang tinggi. Pokok sagu juga merupakan sumber makanan asasi bagi kaum pribumi di sabah dan Sarawak, antaranya suku kaum Bisaya, dan Melanau.
              Pokok sagu mempunyai banyak pelepah berbentuk pinnate 6 – 8 meter panjang yang mula – mula tegak kemudian perlahan – lahan melengkung kebawah.

1 komentar:

  1. Wynn Resorts Ltd. Stock Quote - JAMH
    Wynn Resorts Ltd. (WYNN:NASDAQ) is 원주 출장마사지 a casino and hospitality company principally 천안 출장샵 engaged 광명 출장샵 in 의왕 출장샵 the development and operation of integrated resorts in Las 영주 출장마사지 Vegas,

    BalasHapus